Upgrade Windows XP Ke Windows 7(Step-2)

06.13 / Diposting oleh Sistem Informatika /

Langkah 2: Memindahkan File dan Pengaturan, Siapkan CD Instalasi

Karena Anda akan melindungi file-file dan settingnya, maka Windows merekomendasikan menggunakan Windows Easy Transfer yang dapat di-download secara gratis, untuk membantu Anda memindahkan file dan setting ke media lain sebelum Anda menginstal Windows 7. Kemudian, Anda dapat menggunakan Windows Easy Transfer lagi untuk memindahkan file dan pengaturan Anda kembali ke PC setelah instalasi Windows selesai. Jika Anda tidak menggunakan Windows Easy Transfer, Anda harus menyalin secara manual file-file program ke media eksternal, seperti CD, DVD, harddisk eksternal atau flash drive USB sebelum menginstal Windows 7, dan kemudian mentransfer kembali ke komputer setelah instalasi Windows selesai.

Ketika Anda mempersiapkan untuk memindahkan file dari komputer Anda ke perangkat penyimpanan eksternal, ingat hal berikut:

* Windows Easy Transfer tidak memindahkan program-program anda (mis ; Program Corel), tetapi hanya memindahkan file dan pengaturan Anda. Anda harus menginstal ulang program-program tambahan diluar Windows setelah instalasi Windows 7 selesai. Windows Easy Transfer akan memberi Anda daftar program pada Windows XP yang sedang Anda gunakan saat ini.
* Jangan menggunakan File and Settings Transfer Wizard pada Windows XP untuk memindahkan file Anda, karena tidak kompatibel dengan Windows 7.
* Windows Easy Transfer tidak dapat mentransfer file dari versi Windows 64-bit ke versi 32-bit. Jika Anda saat ini menggunakan versi Windows XP 64-bit, tetapi anda berencana untuk menginstal Windows 7 versi 32-bit, Anda harus menyalin file secara manual ke lokasi eksternal sebelum menginstal Windows 7, dan kemudian memindahkan mereka kembali setelah instalasi Windows selesai.
* Selanjutnya silakan download Windows Easy Transfer dari situs Windows. Jika Anda menjalankan versi 32-bit Windows XP, klik Download 32-bit. Jika Anda menjalankan versi 64-bit Windows XP, klik Download 64-bit.
* Setelah download, install Windows Easy Transfer kedalam komputer anda.
* Setelah install, jalankan Windows Easy Transfer untuk mentransfer file anda. Cermati dengan baik setiap langkah-langkahnya.

Sangat penting untuk diingat bahwa pilihan pemasangan [Custom] tidak melindungi salah satu program Anda, jadi Anda harus menginstal ulang program-program yang ingin Anda gunakan pada Windows 7.

* Pastikan Anda memiliki CD instalasi untuk program yang Anda ingin tetap gunakan seperti saat ini pada Windows 7. Sebagai contoh jika saat ini anda sedang menggunaka Corel-X3 maka Anda harus memiliki CD instalasinya.
* Anda mungkin telah men-download beberapa program dari Internet. Jika Anda masih memiliki file instalasi di komputer Anda (sering disebut setup.exe, install.exe, atau yang serupa), salin file setup tersebut ke harddisk eksternal Anda juga.
* Jika Anda menjalankan versi 64-bit Windows dan berencana untuk menginstal versi 32-bit Windows 7, program-program yang dirancang untuk hanya berjalan pada sistem operasi 64-bit mungkin tidak berhasil. Kunjungi website produsen perangkat lunak untuk informasi lebih lanjut, atau kunjungi Windows 7 Compatibility Center.

0 komentar:

Posting Komentar

Pemandangan

Pemandangan