Keamanan Komputer (Seri 11)

06.02 / Diposting oleh Sistem Informatika /

Pertanyaan pertama adalah antivirus mana yang paling cocok untuk digunakan? Jawabannya adalah semua ada baiknya dan semua ada kekurangaannya. Masalahnya semua virus selalu berkembang dan setiap hari ada ribuan virus dibuat. Satu virus tidak bisa dihilangkan oleh antivirus tetapi dengan antivirus lain ternyata bisa. Demikian sebaliknya. Nah biar anda tidak tambah bingung, berikut ini beberapa saran saya tentang antivirus.

1. Ketika anda membeli laptop, tanyakan ke penjualnya apakah software seperti windows dan office didalamnya adala asli atau tidak. Jika asli maka sudah pasti include dengan antivirus asli juga. JANGAN MENGGANTI ANTIVIRUS tersebut tetapi tinggal di-update saja.
2. Tanyakan kepada teknisi komputer atau minta tolong untuk dipasangkan antivirus yang sesuai.
3. Gunakan antivirus yang asli (berbayar) bukan bajakan. Lebih baik menggunakan yang free daripada menggunakan yang sudah dibajak.
4. Bagaimanapun juga harus diakui bahwa Windows Vista 3X lebih aman daripada Windows XP, jadi kalau bisa gunakanlah Vista.
5. Jika anda menggunakan antivirus asli dan free silahkan update antivirus-nya secara berkala misalnya tiap minggu.
6. Jika anda menggunakan antivirus bajakan jangan coba-coba meng-update sendiri secara online karena antivirus dalam komputer anda akan langsung diblack list, sebaiknya gunakan update manual yang diambil dari orang lain.
7. Sebagai perbandingan, saya menggunakan antivirus Avast Professional dan Smadav ter-update dan jika anda mau menggunakannya, monggo.

Selamat mengejar virus!

0 komentar:

Posting Komentar

Pemandangan

Pemandangan