Keamanan Komputer (Seri-3)

06.00 / Diposting oleh Sistem Informatika /

Dari sekian macam ancaman terhadap komputer, ancaman mana yang paling berbahaya? Manusia yang menciptakan dan manusia juga yang menghancurkan. Jadi sebenarnya ancaman terhadap komputer yang datangnya dari manusia 99% lebih berbahaya dari ancaman lain misalnya dari alam. Artinya penyusupan pihak-pihak tidak bertanggungjawab yang paling membahayakan komputer.
Mengapa seseorang senang menyusup kedalam komputer orang lain ?

1. Karena tertarik dengan hal-hal pribadi korban. Banyak cara yang bisa dilakukan penyusup untuk mengetahui data pribadi orang lain. Menyusup dan mengakses data-data penting dalam komputer korban misalnya pekerjaan, keluarga, kesenangan dan kalau memungkinkan nomor rekening bank. Cara yang lain yaitu dengan mencegat email korban lalu membacanya dan bisa jadi mengubah isinya sebelum dikirim ke tujuan.
2. Karena ingin menunjukkan eksistensi dirinya. Alasan lain untuk menyusup dalam komputer korban adalah karena adanya keinginan untuk mendapat pengakuan bahwa ‘saya’ bisa melakukannya. Bisa jadi awalnya hanya iseng saja namun keterusan untuk menunjukkan eksistensi dirinya.
3. Kenginginan mendapat uang dengan cara mudah dan canggih walaupun tidak benar. Alasan paling masuk akal dari sebuah penyusupan ke dalam komputer korban adalah untuk mendapat uang dengan cara mudah. Dengan sistem pelayanan bank yang serba online maka sangat memungkinkan adanya ‘perampokan’ secara tersembunyi atau terang-terangan terhadap lembaga keuangan.
4. Mata-mata rahasia.Alasan persaingan dalam bidang apa saja dapat menyebabkan seseorang memata-matai pihak lain entah oleh dirinya sendiri maupun oleh pihak lain yang bisa disewa. Kita tentu tidak bisa melupakan begitu saaja jaringan mata-mata terutama bidang militer oleh Amerika dan Israel. Persaingan bisnis bisa juga jadi pemicu untuk menghancurkan pihak lawan yang pada akhirnya sasaran utama adalah sistem komputer.

Selain alasan di atas tentunya masih banyak alasan-alasan lain yang tergantung kepada pihak yang melakukan.

0 komentar:

Posting Komentar

Pemandangan

Pemandangan