Keamanan Komputer (Seri-7)

05.57 / Diposting oleh Sistem Informatika /

pada artikel seri sebelumnya, kita sudah membahas tentang keamanan files/folders tingkat dua. Hasilnya lumayan aman namun belum cukup aman untuk ukuran saya. Mengapa? Karena masih ada dua celah yang gampang dimasuki lalu membuat setting lalu mengakses data. Apa celahnya?

1. Salah satu jalan untuk bisa melakukan manipulasi sistem komputer adalah Regedit.exe dan file ini masih bercokol di drive C:windowsregedit.exe
2. Selama Group Policy masih bisa diakses maka selama itu pula data yang sudah kita simpan/amankan tetap tidak aman. Lokasi Group policy adalah Control Panel:windowssystem32gpedit.msc


Untuk mengatasi masalah ini ada ada beberapa cara yang bisa dilakukan misalnya menyembunyikan Drive C: sebagai lokasi kedua file tersebut. Cara lain adalah menutup secara manual jalan masuk ke regedit dan group policy. Catatan : JANGAN MELAKUKAN TRIK KEAMANAN INI SEBELUM ANDA SELESAI MEMBACA DENGAN SEKSAMA ARTIKEL INI. Mengapa? Karena jika anda langsung melakukannya sambil membaca artikel ini maka anda sendiri tidak akan pernah lagi bisa mengakses Group Policy dan kalau itu terjadi, celakalah komputer anda.
Dalam artikel ini kita akan menggunakan tindakan pengamanan yang terakhir disebutkan di atas yaitu dengan menutup jalan masuk ke regedit dan group policy. Inilah langkah-langkahnya;

1. Pastikan anda sudah melakukan pengamanan files/folders tingkat pertama dan tingkat kedua yang telah dibahas pada artikel sebelumnya.
2. Buka Drive C:windows. Silahkan cari dan copy lalu simpan di tempat aman (misalnya dalam flasdisk) file ini : regedit.exe
3. Setelah anda copy dan simpan silahkan sembunyikan file aslinya dengan cara hidden (cara seperti pada artikel pengamanan file tingkat pertama)
4. Buka Drive C:windowssystem32. Silahkan cari dan copy lalu simpan di tempat aman file ini : gpedit.msc (misalnya dalam flasdisk bersama-sama file gpedit.msc)
5. Buka Group Policy
6. Dibawah [User Configuration] silahkan buka [Administratif Templates]
7. Buka [Start Menu and Taskbar]
8. Di Kolom kanan cari dak klik satukali tulisan [ Remove Run menu from Start Menu]
9. Klik satu kali pada [Properties] di kolom tengah.
10. Dari jendela yang baru terbuka pilih dengan meng- klik [Enable]
11. Klik [Ok] untuk menutup jendela.
12. Buka kembali Drive C:windowssystem32 lalu cari sekali lagi file gpedit.msc.
13. Sembunyikan gpedit.msc dengan cara hidden (lihat caranya pada artikel pengamanan files/folders tingkat pertama)
14. Setelah langkah 13 selesai, tutup jendela Drive C:
15. Ingat !!! anda hanya boleh menutup jendela group policy tempat anda bekerja tadi kalau langkah 4 diatas.
16. Sekarang tutup jendela gpedit.msc.

Pertanyaan saya sekarang bagaimana anda membuka group policy yang sudah anda tutup tadi ? mudah saja … pastekan dalam komputer kembali gpedit.msc yang anda simpan tadi dalam flashdisk. Sesudah itu silahkan rubah kembali sesuka hati anda. Selamat mencoba !

0 komentar:

Posting Komentar

Pemandangan

Pemandangan