Keamanan Komputer (Seri-2)

06.05 / Diposting oleh Sistem Informatika /

"Kuncilah pintu sebelum meninggalkan rumah”, ini adalah pesan nenek didunia nyata yang juga mujarab di dunia komputer apalagi di dunia maya. Sering kali entah sengaja atau lupa seseorang pada suatu kantor meninggalkan komputer dalan keadaan on. Ini lumayan riskan apalagi jika terdapat data-data penting didalamnya. Pengamanan komputer, terutama sistem komputer mencakup 4 titik fokus yang sangat mendasar;

1. Mengamankan situasi. Pastikan bahwa komputer ditempatkan dalam situasi yang mudah diawasi, terutama jika anda berada di kantor atau ditempat dimana terdapat banyak orang. Apabila harus meninggalkan komputer ke tempat dimana tidak bisa melihat komputer secara langsung, jangan lupa mematikan komputer terlebih dahulu. Ingat! Bencana tangan jahil datang bukan hanya karena ada niat tetapi bisa juga karena situasi terbuka (Hehehe koq seperti promo di TV ya….)
2. Mengamankan Hak Akses. Jika anda mengerti soal administrator komputer, maka pastikan anda telah membuat account user sebagai pendamping account administrator, dan pertimbangka untuk membatasi hak akses kepada user hanya pada program-program tertentu saja. Siapa saja yang baru menggunakan komputer adalah wajib diketahui oleh administrator.
3. Mengamankan Data Penting. Amankan data-data penting dan atur tingkatan hak akses data kepada orang yang menggunakan/mengakses komputer anda. Gunakan password pada folder dan file-file pendting dalam komputer dan apabila dianggap sangat riskan, sembunyikan folder/file-file tersebut.
4. Mengamankan jaringan. Jika komputer anda berada dalam jaringan komputer, baik Local Area Network (LAN) maupun Wide Area Network-WAN (internet) jangan lupa langkah 3 diatas sudah cukup safe barulah anda melakukan koneksi. Lakukan enkripsi terhadap file-file penting dan gunakan sofware pengaman internet misalnya anti virus, anti spyware dan kawan-kawan.

Setelah keempat poin dilakukan, pertanyaannya adalah; Sudah amankah komputer saya? Jawabannya belum 100%. Ingat bahaya selalu mengancam jadi tetaplah waspada.

0 komentar:

Posting Komentar

Pemandangan

Pemandangan