Upgrade Windows Vista ke Windows 7

06.08 / Diposting oleh Sistem Informatika /

Step 1: Versi Mana yang ingin Anda Upgrade?
Tabel di bawah ini menggambarkan edisi Windows Vista yang dapat di-upgrade ke Windows7. Ini penting agar pilihan Upgrade dapat bekerja dengan baik menyalin atau upgrade Windows 7. Hal ini dijelaskan di bagian depan Windows 7 sampul ritel atau pada waktu penerimaan penjualan online. Jika Anda tidak dapat menggunakan opsi Upgrade ke edisi upgrade ke Windows 7 yang ingin Anda gunakan, Anda tetap dapat menggunakan pilihan Custom, tapi pilihan Custom tidak melindungi file Anda, program, atau pengaturan dalam komputer.

Jika anda menggunakan UpgradeKeWindows7Home Premium U KeWindows7Professional UpgradeKeWindows7Ultimate

Windows Vista Basic Ya Ya
Windows Vista Home Ya Ya
Windows Vista Business Ya Ya
Windows Vista Ultimate Ya


Beberapa versi Windows tidak dapat diupgrade dengan disc instalasi. Sebagai contoh, Anda tidak bisa meng-upgrade Windows versi 32-bit ke versi 64-bit, atau upgrade dari edisi yang lebih tinggi dari Windows, seperti Windows Vista Ultimate, ke edisi yang lebih rendah, seperti Windows 7 Home Premium. Jika hal ini terjadi, Anda harus menggunakan pilihan Custom sewaktu instalasi.
Namun, seperti saya sebutkan di atas, pilihan Custom tidak melindungi file Anda, pengaturan, atau program dalam komputer. Anda harus membuat cadangan file dan pengaturan sebelum menginstal Windows 7, dan merestore kembali setelah instalasi selesai-dan Anda juga harus menginstal ulang program-program anda dengan menggunakan CD program asli masing-masing. Untuk tutorial langkah-demi-langkah mengenai bagaimana melakukan instalasi Custom, akan dijelaskan kemudian.
Menginstall Windows 7 versi 32 bit dan versi 64 bit
Jika Anda menjalankan Windows Vista versi 32-bit, Anda hanya dapat meng-upgrade ke Windows 7versi 32-bit. Demikian pula, jika Anda menjalankan versi 64-bit Windows Vista, Anda hanya dapat meng-upgrade ke Windows 7versi 64-bit. Jika tidak, Anda harus menggunakan pilihan Custom untuk menginstal Windows 7.
Baik versi 32-bit maupun versi 64-bit dalam proses instalasi membutuhkan memory sebesar 4GB RAM atau lebih besar lebih baik.
Untuk mengetahui yang mana disc instalasi Windows 7 bisa anda gunakan, lakukan hal berikut:

1. Buka Performance Information and Tools dengan mengklik tombol [Start], klik [Control Panel], klik [System and Maintenance], dan kemudian mengklik [Performance Information and Tools].
2. Klik [View].
3. Di bawah [System], Anda dapat melihat jenis sistem operasi yang sedang Anda jalankan dan apakah Anda dapat menjalankan Windows versi 64-bit.

Jika komputer Anda sudah menjalankan Windows versi 64-bit, Anda tidak akan melihat 64-bit dalam daftar.

Step 2: Installing Windows 7
Ketika Anda meng-upgrade ke Windows 7, anda akan menyimpan file Anda, pengaturan, dan program-program dari Windows Vista.

Perhatikan hal ini;

* Pastikan komputer Anda menjalankan Windows Vista baik Service Pack 1 atau Service Pack 2. Untuk informasi lebih lanjut, lihat service pack Windows Vista pada halaman Web di situs Microsoft.
* Hubungkan PC Anda ke Internet sehingga Anda bisa mendapatkan update instalasi selama proses instalasi. Tetapi jika Anda tidak memiliki sambungan Internet, Anda masih dapat menginstal Windows 7.
* Jalankan Update program antivirus anda,dan kemudian mematikannya setelah ter-upgrade. Setelah Anda menginstal Windows 7, ingatlah untuk menghidupkan kembali program antivirus, atau memasang perangkat lunak antivirus yang baru yang kompatibel dengan Windows 7.
* Pilih salah satu instalasi disc 32-bit atau 64-bit Windows 7, tergantung pada apakah Anda ingin menginstal Windows 7 versi 32-bit atau 64-bit.
* Tulis pada kertas 25-karakter password produk Windows. Anda dapat menemukannya di dalam sampul disk instalasi Windows atau konfirmasi e mail jika Anda membeli dan download Windows 7 secara online.
* Jika Anda menggunakan pembaca sidik jari atau perangkat biometrik lain untuk log on ke komputer Anda, pastikan Anda menuliskan password Anda sebelum meng-upgrade.

Pelaksanaan Upgrade Windows 7

* Hidupkan PC Anda.
* Setelah Windows Vista berjalan, lakukan salah satu berikut ini:

1. Jika Anda membeli dan men-download Windows 7 online, buka file instalasi. Membeli dan men-download Windows 7 online adalah cara termudah untuk menginstal Windows 7 di netbook.

1. Jika anda memiliki disc instalasi Windows 7, masukkan CD ke dalam komputer Anda. Setup akan berjalan dengan otomatis. Jika tidak, klik tombol [Start], klik [Computer], klik dua kali [DVD] Anda untuk membuka instalasi Windows 7, dan kemudian klik dua kali [setup.exe].

* Pada jendela [Instal Windows], klik [Install Now].
* Pada jendela [Get important updates for installation], kami sarankan untuk mendapatkan update terbaru untuk membantu memastikan instalasi yang sukses, dan untuk membantu melindungi komputer Anda terhadap ancaman keamanan. Untuk keperluan ini, sebagaimana pernah saya jelaskan maka komputer Anda harus terhubung ke Internet selama instalasi Windows 7 untuk mendapatkan update tersebut.
* Pada halaman [Please read the license terms], jika Anda menerima persyaratan lisensi, klik [I accept the license terms], dan kemudian klik [Next].
* Pada pilihan [Which type of installation do you want?] klik Upgrade. Setelah langkah ini Anda mungkin akan diberi laporan kompatibilitas.
* Lanjutkan untuk mengikuti instruksi untuk menyelesaikan instalasi Windows 7.
* Siram secangkir kopi manis lalu…. silakan minum panas-panas sambil menunggu hehehehe.

Update drivers
Driver pada komputer adalah perangkat lunak yang memungkinkan komputer Anda untuk berkomunikasi dengan perangkat keras atau device. Tanpa driver, perangkat keras komputer Anda-misalnya, kartu video atau printer tidak akan berfungsi dengan baik.
Dalam kebanyakan kasus, driver biasanya satu paket dengan Windows, atau Anda dapat menemukannya dengan menggunakan Windows Update dan memeriksa update. Untuk melakukannya, konek dulu ke internet lalu klik tombol [Start], klik [All Programs], dan kemudian klik [Windows Update].

Share printers
You’ll need to re-share any Plug and Play printers that you’d shared in Windows Vista. To share a printer in Windows 7:

1. Click the Start button, and then, on the Start menu, click Devices and Printers.
2. Right-click the printer you want to share, and then click Printer properties.
3. On the Sharing tab, select the Share this printer check box, and then click OK.

If other computers on your network still can’t access the printer, remove the printer from the other computers, and then add the printer again. For more information, see Share a printer.
Anda sebaiknya re-share Plug and Play printer sebagaimana pada Windows Vista begitu juga pada Windows 7. Untuk berbagi printer di Windows 7:

1. Klik tombol [Start] dan kemudian, dari menu [Start], klik [Devices dan Printers].
2. Klik kanan printer yang ingin anda sharing, dan kemudian klik [Printer properties].
3. Pada tab [sharing], pilih [Share this printer], kemudian klik [OK].

Jika komputer lain pada jaringan anda masih tidak dapat mengakses printer, lepaskan printer dari komputer lain, dan kemudian pasang printer kembali.

0 komentar:

Posting Komentar

Pemandangan

Pemandangan