Keamanan Komputer (Seri-5)

06.06 / Diposting oleh Sistem Informatika /

Keamanan Files/Folders Tingkat Pertama

Seringkali ada file/folder yang kita anggap penting yang ingin kita amankan agar tidak terlihat dan tidak diketahui keberadaannya oleh sembarang orang. Kalau begitu simpan saja di tempat yang tidak terlihat oleh orang lain. Tapi dimana? Bukankah semua lokasi dalam komputer bisa dijelajahi oleh siapa saja yang membuka komputer?
Untuk masalah seperti ini ada cara pengamanan file/folder tetapi jujur saja bahwa tingkat keamanannya masih sangat rendah. Tetapi paling tidak masih tersembunyi dari pandangan pertama. Caranya adalah menyembunyikan files/folders dengan atribut hidden. Untuk pengamanan baik Windows vista maupun Windows XP caranya sama. Langkah-langkahnya adalah;

1. Carilah dimana files/folders yang ingin disembunyikan.
2. Klik kanan pada files/folders tersebut lalu pilih [Properties].
3. Dari Jendela Properties, klik pilihan [Advance].
4. Beri tanda centang pada [encrypt contents to secure data].
5. Klik [Ok] untuk kembali ke jendela properties.
6. Beri tanda centang pada pilihan [Hidden].
7. Klik [Ok] dan proses selesai
8. Tutup folder tempat anda bekerja tadi dan kembalilah ke desktop.

Setelah anda melaksanakan 8 langkah masih ada pekerjaan lanjutan yang harus dilakukan. Kita masih harus memastikan bahwa komputer menyembunyikan files/folders yang ber-atribut Hidden. Caranya adalah ;

1. Buka Control Panel
2. Buka ikon [Folder Options]
3. Dari jendela Folder options, klik tab [View]
4. Pada sub menu [Hidden Files and Folders] pastikan anda memilih [Do not show hidden files and folders]
5. Kalau sudah, klik [Ok] untuk menutup jendela Folder Options]
6. Setelah itu carilah kembali ditempatnya file/folder yang telah anda sembunyikan tadi, pasti sudah raib alias tersembunyi.

Maksud dari keamanan ini hanya untuk mengelabui kelas pemula komputer saja karena jaminan keamanannya masih sangat rendah. Namun paling tidak files/folders yang kita hidden masih luput dari pandangan pertama daripada tidak sama sekali? Ingat niat jahat muncul bukan saja karena direncanakan, tetapi bisa juga karena calon korban tidak cukup tersembunyi (koq seperti di TV lagi ya) Oke bagi anda yang masih sangat pemula, mungkin ini ada manfaatnya tetapi anda yang kelas berat mungkin anda tersenyum rasa….apa ya. Nantikan artikel lanjutannya yang lebih aman!

0 komentar:

Posting Komentar

Pemandangan

Pemandangan