Belajar Internet-8

05.51 / Diposting oleh Sistem Informatika /

Publikasi Lewat Internet

Belajar komputer, belajar internet. Pada seri belajar internet sebelumnya telah kubahas tentang berbagi informasi. Kesempatan ini kita akan belajar bagaimana mempublikasi informasi yang kita miliki kepada orang lain. Membangun website Anda sendiri lebih mudah daripada yang Anda pikirkan. Hal ini dapat digunakan untuk menempatkan informasi yang mudah diakses oleh kelompok rekan Anda, sekelompok teman-teman Anda, tim olahraga Anda, sekolah, perguruan tinggi, klub, dll … Anda dapat memulai bisnis kecil Anda, atau untuk mengungkapkan yang Anda miliki, atau dapat menunjukkan apa yang Anda ketahui tentang hobi favorit Anda.Pada dasarnya ada tiga hal yang harus dilakukan untuk menempatkan informasi di Internet

1. Mengembangkan konten.
2. Mentransfer isinya ke HTML.
3. Mempublikasikan konten di Internet.

Mengembangkan konten.

Jelas, bahwa Anda harus memiliki sesuatu untuk dibagikan kepada orang lain. Walaupun kita dapat melakukannya hanya untuk belajar, namun ada keuntungan sampingan dari fitur internet. Gunakan hyperlink dan link ke halaman penulis lain untuk memperluas informasi yang anda tawarkan. Anda juga dapat menggunakan gambar, animasi grafis, bahkan suara dan video. Seperti yang Anda lihat membuat konten di Internet menawarkan lebih banyak kemungkinan untuk melakukannya dalam kendaraan konvensional.

Mentransfer isinya ke HTML.

Berikut adalah dua kemungkinan dalam hal pengetahuan kita, jika Anda mengetahui HTML anda dapat menggunakan pengolah kata maka kita meneruskan informasi ke HTML secara langsung, seperti Microsoft Word. Kemungkinan kedua, bagi mereka yang tahu atau ingin belajar HTML, Anda menggunakan editor HTML. Yang paling dasar adalah harus dapat ditampilkan dalam browser seperti Mozilla, ada juga yang free seperti FirstPage atau CoolPage. Dan lebih baik lagi seperti Adobe Dreamweaver. Jika anda mengamati sebuah website anda mungkin berpendapat betapa indahnya, namun sebenarnya penampilan tersebut adalah tersusun dari kode-kode HTML. Agussale.com juga memberikan beberapa pelajaran tentang HTML.

Penerbitan Kontenn di Internet.

Setelah kita menyelesaikan website dengan html atau dengan model lain, maka saatnya dipublikasikan di Internet dan dapat dilihat dari mana saja di dunia. Cukup ikuti langkah-langkah yang kita akan menunjukkan, tanpa mengeluarkan biaya mahal. Untuk halaman Anda dilihat dari Internet hanya harus disimpan pada server Internet. Siapapun dapat memiliki server internet, hanya membutuhkan komputer alamat IP tetap, sambungan telepon dan perangkat lunak yang bersangkutan seperti Apache, yang juga gratis. Namun memiliki server tidak semudah yang dibayangkan, server jauh lebih rumit daripada apa yang kita lihat dalam kursus ini. Biayanya sangat besar. Namun ada cara yang lebih mudah untuk mempublikasikan di Internet: cukup gunakan layanan gratis yang ditawarkan oleh beberapa server komersial, dengan imbalan untuk sedikit publisitas pemilik server gratis misalnya iklan wajib pemilik server.

a) Mendapatkan Free Hosting dan Domain.

Untuk ini ada dua alternatif:

* Mendaftar di sebuah situs khusus yang menawarkan ruang kosong sebagai Tripod, Galeon, dll.
* Gunakan jasa penyedia ruang gratis yang cenderung menawarkan Internet pada saat Anda terhubung ke Internet melalui mereka. Misalnya ya.com, Orange, co.cc, Voila, dll.

b) Letakkan halaman web Anda.

Setelah Anda telah memilih situs yang akan menjadi tuan rumah halaman Anda harus mengikuti petunjuk yang akan memberi Anda cara mentransfer halaman web Anda ke server Anda. Biasanya dilakukan melalui program FTP transfer, misalnya Filezilla dan nama user, password FTP server akan diberikan. Anda akan memiliki dua jendela, satu dengan file dari komputer anda dan file lainnya di server Web, dengan menggunakan tombol atau dengan menyeret file Anda dapat mentransfer file ke server. Setelah mentransfer file dan Anda ke server, akan melihat halaman Anda di Internet dengan mengetik alamat (URL) Anda. Misalnya. http://agussale.co.cc. Jika Anda menetapkan alamat panjang dan rumit anda dapat menggunakan yang lebih pendek.

Jika Anda ingin tempat yang lebih profesional di mana untuk menempatkan halaman web Anda atau perusahaan Anda bisa juga dengan menggunakan layanan berbayar.Ada banyak penyedia hosting berbayar yang bisa anda sewa. Apa baiknya? Tentu saja ruang gerak anda sangat jauh lebih bebas dan luas dibanding yang gratisan. Sebagai contoh, agussale.com menggunakan layanan hosting dengan kapasitas 1GB dengan bayaran tidak lebih dari 300 ribu rupiah pertahun.

Membuat sebuah blog.

Jika anda tidak tertarik membuat website dalam arti sesungguhnya, sebuah Blog atau weblog adalah pilihan yang lain. Kalau mau dijelaskan sederhana blog bisa dikatakan sebagai anak dari website. Biasanya blog digunakan sebagai jurnal pribadi, dimana para penciptanya menemukan cara untuk menyampaikan ide-ide mereka kepada dunia. Namun karena blog mudah dioperasikan dan sederhana, benar-benar adalah seperti menulis buku harian, maka blog mengalami perkembangan yang sangat pesat.

0 komentar:

Posting Komentar

Pemandangan

Pemandangan