Belajar Internet – 5

05.50 / Diposting oleh Sistem Informatika /

Apa saja yang dapat dilakukan di Internet?

Belajar komputer dan belajar internet. Di Internet Anda dapat melakukan dan menemukan hampir apa saja. Saat ini, faktor pembatas dalam menyediakan layanan internet adalah bandwidth atau kecepatan transmisi data, jika ada cukup bandwidth, gambar, suara dan video maka tidak akan ada masalah baik searching maupun download. Beberapa layanan yang disediakan oleh Internet;

* Mencari Informasi. Mencari informasi adalah hal pertama yang Anda pikirkan ketika baru memulai menggunakan Internet. Ada jutaan halaman informasi dari semua jenis dan dalam semua bahasa. Untuk itu yang kita butuhkan adalah mesin pencari, pelajari cara menggunakannya dengan benar agar dapat mencegah banyak downtime atau waktu terbuang percuma. Kadang-kadang hal-hal yang menakjubkan bisa terjadi dari mencari dengan mesin pencari. Ada baiknya anda belajar lebih jauh tentang mesin pencari, misalnya Google. Kebanyakan mesin pencari bekerja ketika kita mengetikkan satu atau beberapa kata kunci dalam database mereka yang berisi referensi ke hampir semua situs Web. Dalam hal ini adalah mesin pencari Google, AllTheWeb, Yahoo dan MSN. Mesin pencari lain adalah direktori yang diatur sebagai halaman pengelompokkan berdasarkan topik, seperti DMOZ, beberapa tahun yang lalu digunakan tapi sekarang banyak yang usang.

* Layanan Konsultasi Publik. Setiap badan publik menyediakan informasi dan pelayanan melalui internet. Dari situs-situs negara, melalui berbagai kementerian, pemerintah daerah otonom, kota, dll. Sebagai contoh, Anda dapat membuat pernyataan pendapatan melalui Internet melalui kantor pajak sebelum membeli rumah harus meminta sertifikat kepemilikan perumahan kepada pemerintah kota, sekarang tidak lagi diperlukan namun cukup anda registrasi lewat email.

* Database Access. Anda dapat mengakses berbagai database pada mata pelajaran yang berbeda. Mencari buku tertentu dalam database dari berbagai perpustakaan. Sebagai contoh, di Perpustakaan Virtual tertentu memiliki daftar link dan katalog perpustakaan Indonesia dan internasional. Anda juga akan menemukan banyak informasi pada halaman ini dari Universitas tertentu. Ada ISBN database di mana Anda dapat mencari buku-buku dengan ISBN, penulis, judul, subjek dan penerbit.

* Konsultasi untuk surat kabar dan majalah. Situs-situs surat kabar dan majalah adalah salah satu yang paling sering dikunjungi di posisi teratas dalam peringkat kunjungan internet. Benar-benar memberikan informasi yang hampir sama seperti edisi yang dicetak dan banyak yang mulai memberikan versi PDF sehingga Anda dapat men-download dan membacanya di mana saja.

* Mendengarkan radio, Webcam, menonton video. Transmisi suara, terutama video, melalui Internet mensyaratkan bahwa sambungan bandwidth harus cukup memadai. Untuk melihat dan mendengar di Internet perlu menginstal sebuah program yang memungkinkan anda, menonton dan mendengar musik. Paling banyak digunakan adalah RealPlayer dan WindowsMedia Player, keduanya gratis (walaupun RealPlayer memiliki versi membayar). WindowsMedia Player adalah bawaan WindowsXP. Banyak stasiun radio juga disiarkan melalui internet dan Anda dapat mendengar berita atau musik saat Anda menulis posting Anda. Ada banyak kamera terpasang di seluruh dunia yang memungkinkan Anda melihat apa yang terjadi di tempat-tempat ini, ini adalah direktori dimana terdapat ratusan Webcam. Ada video server dengan banyak fitur. Sebagai contoh, Anda dapat menonton video di CNN dengan berita hari ini, dan masalah lain. Juga memeriksa video dari peristiwa atau kejadian besar seperti serangan Menara Kembar di New York pada tanggal 11 September 2001.

Masih banyak lagi hal lain yang bisa dilakukan di internet selain sekedar seperti dijelaskan diatas, dan akan dibahaw pada kesempatan lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Pemandangan

Pemandangan