Belajar Internet – 2

05.48 / Diposting oleh Sistem Informatika /

Konsep dasar Internnet

ADSL (Asimetric Digital Suscriber Line)

Ini adalah metode transmisi data melalui kabel tembaga. Menggunakan telepon dasar, namun memungkinkan pengiriman data sehingga membuat lebih baik dalam penggunaan bandwidth yang tersedia. Ketika kita terhubung ke Internet maka sebagian besar data akan bergerak menuju server Internet, sementara itu dalam waktu bersamaan beberapa data bergerak dari server ke pengguna dalam sambungan ke Internet. Ketika kita membuat permintaan untuk melihat halaman, kita mengirim sedikit informasi: hanya alamat halaman, sementara itu pada halaman tanda terima itu memberikan banyak pilihan misalnya; gambar, teks, dll…Salah satu keuntungan dari teknologi ini adalah bahwa sambungan tetap, 24 jam per hari, kita tidak perlu memanggil nomor telepon tertentu untuk menghubungkan. Kita juga dapat berbicara di telepon dan terhubung ke Internet sekaligus.Pada tulisan ini dimuat, para pemasok menawarkan koneksi jenis ini kecepatan beraneka ragam dari 512 Kbps sampai 20 Mbps atau diatasnya kepada pemakai Internet, namun tentu saja bayarannya disesuaikan.

BPS (byte per second)

BPS adalah singkatan untuk byte per second. Ini adalah satuan untuk mengukur kecepatan transmisi, misalnya, 56 Kbps modem mentransmisikan 56 (x 1000) adalah 56.000 bps.

Client / Server

Ini adalah sistem mengatur suply permintaan. Sebagai contoh, ketika PC terhubung ke Internet bertindak sebagai klien, sementara komputer yang menyediakan data bertindak sebagai server. Server selalu berharap bahwa mereka menerima permintaan dari klien, permintaan ditempatkan dalam urutan-urutan tertentu untuk dicari secepat mungkin. Jika Anda menerima banyak permintaan server, ini akan memakan waktu lebih lama untuk merespon, dan jika kita mendapatkan begitu banyak permintaan yang bahkan dimuat dalam antrian, maka sistem akan drop alias jatuh.

HTTP (HyperText Transfer Protocol)

Ini adalah protokol untuk mengirimkan halaman web (HTML). Dengan protokol ini program klien atau browser berarti web server.

HTML (Hypertext Markup Language)

Ini adalah bahasa program sederhana ditulis di halaman-halaman Web. Hal ini didasarkan pada tag atau label yang ditempatkan di depan setiap elemen halaman untuk menggambarkan formatnya, sebuah tag yang ditutupi dalam simbol-simbol .

Sebagai contoh, NEWS ini akan dicetak tebal

Plug-in

Sebuah plug-in adalah sebuah program kecil pembantu yang memungkinkan browser untuk melakukan fungsi tambahan. Sebagai contoh, untuk melihat animasi Flash untuk menginstal plug-in, untuk mendengarkan radio, kita akan membutuhkan satu lagi plug-in, dll. Dengan masing-masing versi browser baru menggabungkan plug-in yang paling sering digunakan sehingga Anda tidak perlu lagi menginstalnya. Namun demikian, teknologi baru sering muncul untuk meminta plug-in baru pula.

TCP / IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol)

Himpunan data standar yang memungkinkan untuk melakukan perjalanan data/informasi melalui jaringan ke tujuannya. Data dibuat ke dalam paket-paket, setiap paket perjalanan secara independen menuju alamat tujuan. Antara asal dan tujuan mungkin ada beberapa jalan yang berbeda. Setiap paket yang dikirimkan melewati rute terbaik tersedia pada setiap saat. Penerima mengumpulkan paket-paket dari sebuah transmisi dan jika ada sesuatu yang hilang diminta untuk mengirim pulang lagi.

URL (Unique Resource Locator)

Ini adalah sistem penamaan yang membuat setiap sumber atau elemen dari Web memiliki nama alfanumerik yang unik. Misalnya URL dari halaman ini a_3_1.htm

Telnet

Memungkinkan penggunaan komputer remote. Dari komputer kita, kita dapat melakukan koneksi ke komputer lain, biasanya komputer yang lebih kuat, dan bertindak seolah-olah kita berada di komputer ini. Kita dapat melihat dan memodifikasi file, menjalankan program, dll. Tentu saja kita harus menyediakan nama pengguna dan sandi untuk mengakses. Anda dapat memiliki profil yang berbeda dari pengguna berdasarkan hal-hal yang mereka bisa dan tidak bisa lakukan.

0 komentar:

Posting Komentar

Pemandangan

Pemandangan