Belajar Internet-6

05.50 / Diposting oleh Sistem Informatika /

Belajar komputer dan belajar internet. Pada artikel sebelumnya telah dibahas apa saja yang dapat dilakukan di internet dan kali ini akan dibahas tentang berkomunikasi di internet. Ketika kita berbicara tentang internet, sebagian besar waktu kita merujuk ke Web, tetapi layanan Internet terdiri dari beberapa variasi termasuk opsi yang memungkinkan Anda berkomunikasi dengan setiap Orang, di mana pun di dunia, hanya membutuhkan koneksi internet dan dunia seperti ditempatkan di ujung jari kita.

* Email. Surat elektronik atau email adalah layanan Internet yang paling banyak digunakan bersama-sama dengan Web. Email memiliki banyak kesamaan dengan surat tradisional. Sebuah pesan akan dikirim oleh pengirim kepada penerima. Pengirim atau pengirim harus tahu alamat penerima. Pesan tiba pada kotak surat di mana penerima akan membuka dan membaca surat. Email yang memungkinkan Anda menulis dan mengirim file antara dua account email. Keuntungan utama daripada surat elektronik ini adalah kecepatan, email dalam beberapa menit Anda dapat mencapai ujung dunia. Keuntungan lain adalah kenyamanan, karena komputer melakukan segalanya, kita tidak harus menemukan amplop, perangko atau keluar untuk menaruh surat di kotak surat. Masalah yang tumbuh dengan mail adalah SPAM atau email yang tidak dikehendaki atau iklan, adalah untuk penjualan, periklanan dan mengirim email dan bahkan virus kepada orang-orang yang lain. Karenanya harus hati-hati dengan siapa kita meninggalkan alamat email.

Ada dua cara dasar untuk menggunakan email yaitu melalui program email, atau oleh webmail.

1. Penyedia Agenda mailing. Sebagai contoh, Outlook Express dari Microsoft, Mozilla Thunderbird, Eudora, dll. Ini adalah program khusus untuk bekerja dengan mail yang kita harus instal di PC kita, pertama anda harus mengkonfigurasi dengan menggunakan data account dan mail server. Oleh karena itu hanya praktis penggunaannya di rumah saja. Layanan ini dapat menangani beberapa account sekaligus tak peduli dengan siapa Anda menyediakan account.
2. Webmail. Cara ini menggunakan e muncul karena keterbatasan yang dipaksakan oleh program mail harus mengkonfigurasi setiap komputer yang Anda gunakan. Dengan webmail dari komputer manapun dengan akses Internet dapat membaca dan mengirim email kita tanpa harus mengkonfigurasi apapun. Cukup masukkan situs yang menawarkan layanan ini, misalnya hotmail, hispavista, yahoo, dll. Kerugian e-mail program ini adalah bahwa sedikit ruang untuk menyimpan pesan, dan kita hanya dapat menangani satu account pada satu waktu. Keuntungan lain mempunyai webmail adalah jika anda punya domain berbayar sehingga anda dapat membuat email unik. info@agussale.com adalah mail yang dibuat dari domain sendiri.

* Pesan Instan (Instant Messaging). Jenis komunikasi ini mengalami pertumbuhan besar karena memiliki beberapa kelebihan misalnya tidak memiliki surat. Instant messaging memiliki karakteristik bahwa ketika kita terhubung ke server Internet kita dapat menulis catatan dan langsung dibaca oleh teman. Olah pesan cepat seperti Microsoft MSN Messenger yang terintegrasi dengan webmail dan dapat langsung melihat email yang kita terima. Untuk menggunakan layanan ini harus menginstal di komputer. Beberapa program seperti MSN Messenger dan Yahoo Messenger juga memungkinkan Anda untuk menggunakan webcam untuk melihat orang yang sedang Anda bicarakan. Mereka juga menawarkan kemampuan untuk mengirim pesan ke ponsel. ICQ, AOL Instant Messenger dan Yahoo Messenger TerraMessenger adalah beberapa kemungkinan di atas IM.

Google telah merilis sebuah program serupa yang disebut Google Talk, yang walaupun belum memiliki dukungan untuk webcam, berbeda dari yang lain dengan kualitas yang tinggi ketika berkomunikasi dengan kontak Anda melalui suara seperti telepon.

0 komentar:

Posting Komentar

Pemandangan

Pemandangan