Belajar Internet – 3

05.49 / Diposting oleh Sistem Informatika /

Evolusi Internet

Belajar komputer dan belajar internet. Vannevar Bush di tahun 1945 adalah orang yang pertama menguraikan konsep hypertext, sebuah kata yang mempunyai link ke dokumen lain. Pada tahun 1962 sebuah laporan oleh MIT (Massachusetts Institute of Technology), JCR Licklider berbicara tentang konsep Jaringan Galaksi (Galactic), yaitu jaringan yang saling berhubungan secara global melalui mana saja yang telah mereka akses ke data dan program berada pada komputer yang berbeda.

En 1963, Doug Engelbart inventó el ratón y creó un prototipo “oNLine System” (NLS) que utilizaba hypertexto y email. Pada tahun 1965, peneliti MIT, Lawrence G. Roberts memukul Massachusetts dengan komputer lain di California melalui sistem sirkuit pergantian jaringan telepon. Ini adalah jaringan komputer pertama. Namun dicatat bahwa pergantian teknologi sirkuit tidak memadai dan beberapa peneliti termasuk Leonard Kleinrock, mulai bekerja pada pergantian paket, yang kemudian akan mengarah pada TCP. Tahyn 1965 Ted Nelson memperkenalkan istilah Hypertext. Pada saat Perang Dingin gagasan pikiran itu mulai menarik keinginan untuk memiliki jaringan komputer yang mampu berhubungan meskipun dalam konsep sederhana.

Untuk ini Departemen Pertahanan Amerika menugaskan sebuah proyek yaitu ARPA (Advanced Research Projects Agency), yang lahir pada tahun 1969 sebagai pendahulu Internet, yang disebut ARPANET dan terdiri dari empat node. Pada tahun 1972 itu 40 node dan dari sana telah meningkat dengan cepat. Pencapaian terbesar jaringan ini adalah kehadiran protokol TCP, yang masih digunakan sekarang.

Kronologi

Mari kita mundur berpuluh-puluh tahun kebelakang dan melihat peristiwa yang paling signifikan di Internet.

1. Pada tahun 1972 definisi spesifikasi Telnet yang memungkinkan operasi antara komputer remote.
2. Pada tahun 1973 Proyek diatas mengadakan hubungan internasional pertama untuk ARPANET dari Amerika dengan Britania dan Norwegia. FTP ditentukan, yaitu cara mengirim dan menerima file. Ada ide muncul Internet sebagai jaringan global. Vinton Cerf pada tahun 1974 mendefinisikan spesifikasi dari TCP.
3. Pada tahun 1977 keluarlah email.
4. Pada tahun 1979 diciptakan dan dilahirkan USENET News atau kelompok diskusi.
5. Pada tahun 1982, didirikan TCP / IP protokol untuk ARPANET.
6. Pada 1984 diciptakan sistem yang memungkinkan nama DSN alfanumerik penamaan komputer pada jaringan bukan nama numerik.
7. Pada tahun 1988 ARPA mengembangkan IRC (Internet Relay Chat).
8. Pada tahun 1989 Tim Berners-Lee mendefinisikan basis WWW di CERN di Jenewa, Swiss.
9. Pada tahun 1990 lahirlah browser Web pertama.
10. Pada tahun 1990, sistem Archive memungkinkan pertukaran file.
11. Pada tahun 1991 Jean-Francois groff memperkenalkan layanan FTP dari Web.
12. Pada tahun 1991 lahir WAIS (Wide Area Information Server)
13. Pada tahun 1992, memasuki media internet, menciptakan server audio dan video multicast MBONE.
14. Pada tahun 1993 ia menciptakan web browser Musa oleh Marc Andeerssen di NCSA di Illinois yang didistribusikan secara luas. Musa sudah memiliki logo bola dunia yang dikelilingi oleh orbit. Internic dibuat dan menyediakan layanan registrasi nama Internet. Gedung Putih dan PBB memasuki jaringan. Ini menciptakan bank internet yang pertama. Mulai ekspansi bisnis Internet. Sejak saat itu internet tidak lagi hanya digunakan oleh para peneliti, akademisi dan komputer dan mulai digunakan oleh semua pengguna.
15. Pada bulan September 1993 adalah server web pertama di Spanyol, yaitu Universitat Jaume I de Castellón. Pada bulan Desember ada 13 server universitas dan pusat penelitian terhubung oleh RedIRIS.
16. Pada 1994, Web merupakan layanan Internet yang paling banyak digunakan di belakang FTP, diusir oleh Telnet. Ia membentuk organisasi yang mengatur standar Web, W3C (World Wide Web Consortium).
17. Pada 1995, Web sudah menjadi layanan yang paling populer di Internet. Perusahaan swasta seperti AOL, mulai menawarkan akses internet kepada masyarakat umum melalui sambungan telepon. Bahasa seperti Java, JavaScript, ActiveX online.
18. Pada tahun 1996 Microsoft memasuki internet. Sampai saat itu Netscape adalah browser yang paling sering digunakan.
19. Pada tahun 1997 terdapat 19,5 juta terhubung internet dengan 1 juta host, dan 71.618 Newsgroup server.
20. Pada tahun 2001 di Spanyol terdapat 7 juta pengguna internet, 17% dari populasi. Di Amerika ada 175 juta, 62,9% dari populasi. Di Perancis, 18,4%. Microsoft browser digunakan oleh lebih dari 80% dari pengguna.

Nah kurang lebih gitu sejarahnya…..hehehe.

0 komentar:

Posting Komentar

Pemandangan

Pemandangan