Persiapan Menjadi Maintenance Komputer

05.44 / Diposting oleh Sistem Informatika /

Belajar komputer dengan rakit, rawat dan perbaiki sendiri komputer? Why not hehehe yang penting mau berusaha. Jangan biarkan diri anda menyesal selamanya hanya gara-gara anda kehilangan kendali atas komputer anda. Sudah menggunakan jasa teknisi eehhh tidak memuaskan juga. Ungkapan para teknisi “kalau mau hasil yang terbaik, kerjakanlah sendiri”, bisa jadi banyak benarnya. Benarkah? Sangat benar dan sangat bisa sejauh anda mau.

Ini saya bandingkan dengan pengalaman pribadi. Saya yang jurusan IPS murni, tidak suka Fisika, Matematika dan kawan-kawan tetapi toh bisa mempelajari elektronika hinga bisa servis radio, tv, komputer dan lain-lain bahkan bisa membuat sendiri hingga siap pakai. Dan saya sangat yakin anda yang membaca artikel inipun pasti bisa.

Pertanyaan saya sekarang adalah maukah anda jadi Maintenance (rawat servis) komputer anda sendiri? Berikut ini langkah-langkah persiapan sebelum anda belajar jadi teknisi atas komputer sendiri;

1. Kemauan. Pernah baca artikel saya “Pikiran Yang tepat…..?”. artikel ini menjelaskan bahwa apapun yang ingin dikerjakan menjadi mungkin jika anda mengambil mindset pikiran “bisa” dikerjakan. Nah begitu juga dalam maintenance komputer anda bisa sejauh berpikir bisa dan mau berusaha.
2. Amankan My Documents. Biasanya My Documents secara default akan tersimpan di drive C:. Nah supaya data dan pekerjaan anda yang ada di My Documents aman, maka lokasi My Documents ini harus digandakan pada lokasi Drive D; atau tempat lain. Caranya adalah klik kanan pada ikon Mydocuments lalu pilih [Properties]. Pilih tab [Target] untuk windows XP dan [Location] untuk Windows Vista. Klik [Move...] lalu silahkan cari pada drive mana folder ini akan diduplikasi, kalau sudah dibuatkan tempatnya klik [Ok].biasanya orang memilih dan membuatkan folder duplikasinya di drive D. Nah sekarang jika komputer diformat ulang sistemnya, data mydocuments tidak akan hilang.
3. Siapkan tenaga cadangan. Pastikan anda mempunyai orang yang bisa membantu anda jika anda mengalami kegagalan ringan dalam proses belajar bongkar pasang komputer. Artinya harus ada orang yang bersedia membantu tetapi jika tidak ada maka pilihan terakhir adalah jasa teknisi.
4. Kepercayaan Diri. Percayalah bahwa anda bisa belajar dan jangan katakan takut menanggung resiko yang penting sudah ada persiapan antisipasi sebelumnya. Jangan takut menghadapi Layar Hitam komputer anda. Biasanya pemula servis komputer selalu gugup jika layar masih hitam atau biru dan biasanya akan tenang kembali setelah komputer masuk Desktop.
5. Siapkan kamus kecil. Jika anda benar-benar pemula untuk mereparasi komputer, sebisanya ada kamus inggris walaupun yang sederhana saja. Biasanya ada istilah-istilah yang membutuhkan kamus.
6. Siapkan Tool yang diperlukan. Kalau saya selalu siap 1 tas tool servis yang berisi obeng, tang kuas pembersih dan kawan-kawan. Bagi teknisi komputer peralatan tidak serumit pada servis televisi yang dulu saya tekuni. Bahkan dengan hanya mudal satu obeng bunga-pun kita bisa jadi teknisi komputer.
7. Siapkan Catatan. Jika anda belum terbiasa membuka Casing komputer, maka ketika membukanya silahkan catat, sekrup dan perangkat ini dimana posisi atau kabel yang ini dimana posisinya.
8. Cari cara membuka dan memasang. Walaupun tadi saya katakan jangan takut resiko tetapi anda harus tetap hati-hati jika membuka dan memasang perangkat keras. Di internet sangat banyak pedoman membuka dan memasang kembali perangkat keras komputer.
9. Keamanan Perangkat. Tidak diperkenankan memegang area solderan pada perangkat yang anda buka. Anda hanya boleh memegang komponennya tetapi daerah bawahnya (daerah solderan) tidak boleh karena tangan anda mengandung listrik yang bisa merusak komponen.
10. Berpikir sebelum bertindak. Jangan buru-buru mengambil keputusan, artinya berpikirlah dulu sebelum mengambil keputusan. Tindakan tanpa berpikir dalam dunia teknisi adalah kebodohan yang harus dibayar mahal.
11. Miliki Logika elektronika. Seandainya suatu siang anda berniat menyalakan lampu ruang tamu dan ternyata lampu tersebut tidak menyala, mana yang akan anda periksa duluan? Jangan buru-buru membeli lampu baru, tetapi pastikan dulu bahwa meteran dan sakelar lampu berfungsi baik barulah menyimpulkan dimana kerusakannya. Inilah yang saya maksud logika elektronika.
12. Jangan ragu bertanya. Saya bukahlah ahli maintenance tetapi dari sekian banyak user agussale.com yang pernah men-download ebook komputer selalu saya usahakan untuk dilayani walaupun pelayanan gratis. Selalu saya usahakan mencarikan jalan keluar sejauh kemampuan saya. Ingat…!!! bertanya adalah jawaban atas setiap kesulitan.

Sebenarnya masih banyak persiapan lain yang diperlukan tapi saya pikir ini sudah lumayan dan jika anda mencermatinya dengan baik, maka langkah awal sudah anda miliki. Salam sukses !

0 komentar:

Posting Komentar

Pemandangan

Pemandangan