Mempercepat Item Sub Context Menu

05.33 / Diposting oleh Sistem Informatika /

Kemarin kita berbicara mengenai blog yaitu tepatnya feed blog. Dan mudah-mudahan ada manfaatnya. Hari ini kita akan bahas belajar komputer kembali yaitu sebuah trik sederhana namun cukup bermanfaat. Biasanya ketika kalau kita meng-klik kanan pada Desktop komputer maka akan muncul sederetan menu dan sub-subnya masing-masing. Mari kita lihat gambar berikut;

Masalahnya adalah sub-menu disamping menu utama diatas biasanya malas nongol alias lama baru muncul. Coba masuk ke desktop komputer anda sekarang dan klik kanan ditempat kosong, lalu gerakkan pointer mouse turun naik. Gimana hasilnya cepat munculnya atau lambat?. Jika kita buru-buru biasanya agak gerah juga menghadapi masalah ini.
Tapi ternyata ada jalan keluar untuk mengatasi masalah ini yaitu melalui Registry Editor. Tapi TUNGGU DULU, jika anda pemula untuk masuk registry editor, berhati-hatilah di daerah ini. Jalan keluarnya seperti ini;

1. Klik ikon [Start] lalu pilih [Run...]. Bagi pengguna Vista, [Run..] tidak langsung muncul tapi fungsinya bisa digantikan kotak [Start Search].
2. Dalam kotak [Run...] atau kotak [Start Search] pada Vista ketik [regedit.exe] lalu tekan [Enter].
3. Pada jendela registry editor silahkan buka [HKEY_CURRENT_USER] > [Control Panel] lalu klik [Desktop] pada kolom sebelah kiri.
4. Cari dan klik kanantulisan [MenuShowDelay] kemudian pilih [Modify]
5. Pada jendela [Edit String] beri nilai 0 (nol) pada value datanya, lalu klik [Ok] untuk menutup jendela edit string.
6. Buka [HKEY_CURRENT_USER] > [Control Panel] > [Desktop] lalu klik satu kali pada [WindowsMetrics].
7. Cari dan klik kanantulisan [MinAnimate] kemudian pilih [Modify]
8. Pada jendela [Edit String] beri nilai 0 (nol) pada value datanya, lalu klik [Ok] untuk menutup jendela edit string.
9. Sekarang tutup registry editor lalu restart komputer anda.

Setelah komputer logon kembali, selahkan klik kanan pada Desktop lalu gerakkan pointer mouse turun naik. Keliahatan beda kecepatan munculnya context menu-nya kan? Sebagai informasi, ketika saya membuat artikel ini saya menggunakan Laptop Toshiba PORTEGE dengan memory RAM 3GB tetapi trik diatas ternyata masih kelihatan perbedaan kecepatannya. Selamat mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar

Pemandangan

Pemandangan