Menghapus Perangkat Lunak dari Windows

05.38 / Diposting oleh Sistem Informatika /

Jika sebuah program perangkat lunak atau permainan tidak lagi digunakan atau dimainkan atau ruang tambahan tidak bisa menampung, mungkin perlu untuk menghapus atau menguninstall software tersebut. Di bawah ini adalah 3 daftar metode yang berbeda menguninstall perangkat lunak dari sebuah komputer Microsoft Windows.

Pilihan Install/Uninstall
Ini adalah yang peling umum dilakukan orang. Apakah cara ini bisa dilakukan pada semua program? Ternyata tidak semua program mendukung atau menggunakan fitur ini.
Caranya;

1. Klik [Start] >Klik [Control Panel]
2. Klik dua kali [Add / Remove Programs] atau [Programs and Features] pada Vista. Dalam jendela baru pilih program yang ingin Anda uninstall dan klik tombol [Remove or Uninstall/Change]
3. Tunggu hingga proses selesai.

Bagaimana saya tahu apa yang harus saya hapus? Sering kali pengguna mungkin khawatir tentang apa yang aman dan apa yang tidak aman untuk dihapus. Saran terbaik adalah jika Anda tidak tahu apa yang kami sarankan jangan sembarang menghapus program atau bertanyalah tentang apa yang pertama kali harus dilakukan.

Self Uninstall

Pada umumnya program dibuat atau diprogram oleh pengembang agar memungkinkan untuk menghapus sendiri file-filenya yang terpasang pada komputer. Namun tidak semua mendukung fitur ini. Hal lain adalah cara ini dapat menyebabkan error dan mungkin saja tidak semua file terhapus penuh.

1. Klik [Start]
2. Lanjutkan ke [All Programs].
3. Cari folder dari program yang akan dihapus. Dalam foldernya, cari dan klik perintah [uninstall] jika ada.
4. Tunggu hingga proses selesai.

Perangkat Lunak Pihak Ketiga

Ada berbagai software komersial yang tersedia sebagai solusi untuk menghapus perangkat lunak pada komputer Anda. Kami sangat merekomendasikan dan menyarankan pengguna menggunakan salah satu misalnya Revo Uninstaller, yang free dan mudah untuk digunakan dan menghapus file sampah.

Menghapus Manual

Cara ini juga bisa dilakukan yaitu mencari file-file dari program yang bersangkutan dan menghapusnya melalui perintah [delete]. Namun harus hati-hati karena dapat menyebabkan kesalahan tambahan jika sistem operasi atau program lain yang membutuhkan file-file telah dihapus. Sebelum menghapus secara manual perangkat lunak apapun dari komputer kami sarankan Anda melakukan masing-masing dari saran di bawah ini.

Pastikan [Recycle Bin] kosong dan bahwa file yang dihapus akan dikirim ke [Recycle Bin]. Ini akan membantu anda untuk mengembalikan file tersebut jika Anda salah dalam menghapus file. Membuat cadangan file akan lebih baik. Setelah Anda siap barulah anda menghapus file secara manual.

Buka Windows Explorer.
Sorot folder program atau file yang akan dihapus kemudian teka tombol [Delete] untuk menghapus file. Setelah dihapus reboot komputer untuk memastikan tidak ada kesalahan terjadi. Jika terjadi kesalahan file dapat dicari kembali pada Recycle Bin

0 komentar:

Posting Komentar

Pemandangan

Pemandangan